Text
SKRIPSI: Implementasi Program The Weekly Brief With Sandi Uno Sebagai Forum Komunikasi Publik di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Penelitian ini membahas Implementasi Program The Weekly Brief with Sandi Uno dalam mengelola hubungan media melalui Program The Weekly Brief with Sandi Uno. Program ini menjadi salah satu inovasi komunikasi publik yang dirancang untuk menyampaikan informasi strategis secara rutin dan transparan kepada media dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan komunikasi dua arah, proses verifikasi data sebelum publikasi, serta respons terhadap isu yang berkembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara mendalam dengan pihak Humas Kemenparekraf dan jurnalis peserta program, serta dokumentasi arsip kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program The Weekly Brief with Sandi Uno dilakukan secara sistematis melalui koordinasi lintas unit, keterbukaan informasi, dan penyampaian informasi yang konsisten dan terstruktur. Komunikasi dua arah diwujudkan melalui sesi tanya jawab interaktif antara media dan pejabat kementerian. Temuan lain, proses verifikasi data sebelum publikasi dilakukan secara ketat guna menjaga akurasi informasi yang disampaikan. Selain itu, tim humas juga melakukan pemantauan isu real time dan merespons pemberitaan dengan cepat dan akurat. Program ini dinilai efektif dalara menjaga transparansi dan membangun kepercayaan antara pemerintah dan media. Namun demikian, masih terdapat kekurangan, yaitu ruang lingkup penelitian ini terbatas pada satu program kementerian. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang positif bagi Kementerian Pariwisat dan Ekonomi Kreatif.
Tidak tersedia versi lain