Text
SKRIPSI: Pengaruh Terpaan Tayangan Ruangguru Clash of Champions terhadap Minat Masuk Perguruan Tinggi di SMA IT Raflesia Depok
Minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi menjadi salah satu indikator penting dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia. Di tengah pesatnya perkembangan media, tayangan edukatif memiliki potensi untuk membentuk persepsi dan motivasi siswa terhadap masa depan pendidikan. Salah satu tayangan yang menonjol adalah Ruangguru Clash of Champions, sebuah yang menampilkan kompetisi akademik antar pelajar. Tayangan ini dryakını dapat pengaruh minat siswa dalam merencanakan pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh uyangan Clash of Champions terhadap minat siswa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dua variabel yaitu, variabel bebas (X) berupa terpaan tayangan, dan variabel terikat (Y) yaitu minat siswa. Variabel bebas atas tiga indikator, yaitu frekuensi, durasi, dan atensi siswa terhadap tayangan. Sementara itu, variabel terikat diukur melalui tiga aspek, yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling dengan teknik sampel jenuh, di mana seluruh populasi dijadikan responden penelitian, yang berjumlah 100 orang kwa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif serta analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan tayangan Clash of Champions terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
Tidak tersedia versi lain