Text
SKRIPSI: Persepsi Masyarakat pada Asosiasi Merek Smartphone Apple sebagai Kebutuhan Harga Diri di Kota Bogor
Smartphone kini menjadi alat komunikasi yang banyak diminati masyarakat. Pengalaman langsung seseorang pada sebuah merek smartphone membentuk asosiasi merek di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan persepsi masyarakat pada asosiasi merek smartphone Apple sebagai kebutuhan harga diri di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik non-probability sampling menggunakan kuesioner Google Form yang disebarkan kepada 100 respondern pada pengguna smartphone Apple di Kota Bogor yang berusia 18 sampai 45 tahun serta alat olah data menggunakan SPSS.25. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik non-parametris. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa asosiasi merek smartphone Apple sebagai variabel (X) memiliki nilai rataan kategori tinggi dengan nilai 3,19 dan persepsi masyarakat sebagai variabel (Y) memiliki nilai rataan kategori tinggi dengan nilai 3,09. Variabel asosiasi merek smartphone Apple (X) dan persepsi masyarakat (Y) mempunyai hubungan yang sangat nyata pada pengujian korelasi rank spearman dengan nilai koefisien korelasi bernilai 0,547** dengan nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,000 kurang dari 0,01. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan positif (+) yang signifikan dan memiliki tingkat hubungan pada kategori "sedang" antara asosiasi merek smartphone Apple dengan persepsi masyarakat. Kesimpulannya menunjukkan bahwa asosiasi merek mengenai produk smartphone Apple telah terbentuk dalam benak pikiran mereka. Asosiasi yang terjadi atas dasar dari pengalaman langsung ataupun berdasarkan dari sebuah pengamatan. pengalaman pada produk smartphone Apple telah menciptakan suatu informasi yang disimpulkan dalam pikiran sehingga terciptanya rasa emosional seperti rasa senang, bangga serta loyalitas pada produk smartphone Apple yang menjadi persepsi di sekitar masyarakat.
Tidak tersedia versi lain