Text
SKRIPSI: Pengaruh Konten Kreator Dokter Detektif terhadap Kebutuhan Informasi Pengikut Media Sosial Tiktok @dokterdetektif
Penelitian ini bertujuan menganalisis konten kreator dokter detektif pada media sosial TikTok @dokterdetektif. Untuk menganalisis kebutuhan informasi pengikut pada media sosial TikTok @dokterdetektif. Untuk menganalisis pengaruh konten kreator dokter detektif terhadap kebutuhan informasi pengikut pada media sosial TikTok @dokterdetektif. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu Konten Kreator sebagai variabel independen dan Kebutuhan Informasi sebagai variabel dependen. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan variabel Konten Kreator adalah Kredibilitas, Daya Tarik, Konten dan Komunikasi. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan variabel Kebutuhan Informasi adalah Kebutuhan Informasi Mutakhir (current need approach), Kebutuhan Informasi Rutin (everyday need approach). Kebutuhan Informasi Mendalam (exhausitve need approach), dan Kebutuhan Informasi Sekilas (chatcing up need approach). Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2024-bulan Juni 2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan survey melalui penyebaran google form. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan kriteria responden memiliki akun media sosial Tik Tok, responden menggunakan produk skincare, responden mengikuti akun media sosial Tik Tok @dokterdetektif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, dan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Analisis data menggunakan analisis eksplanatif statistik inferensial, dengan uji instrument, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan hipotesis penelitian ini, dinyatakan terdapat pengaruh antara Konten Kreator Dokter Detektif terhadap Kebutuhan Informasi Pengikut Media Sosial TikTok @dokterdetektif yang diperoleh berdasarkan hasil Uji T dan Uji F dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 0,05 sehingga variabel Konten Kreator Dokter Detektif berpengaruh secara parsial dan simultan poda Kebutuhan Informasi. Pada nilai R square variabel hanya mampu menjelaskan pengaruh konten kreator dokter detektif sebesar 54,2% sedangkan sisanya sebesar 45.8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteleti pada penelitian ini. Dalam hal ini, disimpulkan Konten Kreator Dokter Detektif cukup memengaruhi Kebutuhan Informasi pengikutnya di Media Sosial TikTok
Tidak tersedia versi lain