Text
SKRIPSI: Hubungan Efektivitas Whatsapp sebagai Media Komunikasi Organisasi dengan Persepsi Anggota Koperasi Tokai
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Organisasi Dengan Persepsi Anggota Koperasi Tokai. Adapun variable bebas (X) Efektifitas Media Sosial dan variable terikat (Y) Persepsi. Indikator yang digunakan untuk variable Efektifas Media Sosial adalah Atraktivitas Media, Kejelasan Media, Kelengkapan Informasi Media, Kemudahan Akses Media. Indikator Persepsi adalah Partisipasi, Keterbukaan, Percakapan Komunitas, Saling Terhubung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif. Teknik sampel menggunakan non probality sampling dengan kriteria anggota koperasi. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada 99 responden. Ditemukan hasil penelitian tidak terdapat hubungan antara pengguana whatsapp sebagai media komunikasi dengan persepsi anggota koperasi tokai. Dilihat pada indikator variable (X) Atraktivitas Media dengan nilai 2,18. Kejelasan Media dengan nilai 2,30, Kelengkapan Informasi Media dengan nilai 2,30, Kemudahan Akses Media dengan nilai 2,30 dari nilai yang diperoleh dapat diartikan memiliki kategori rendah. Bahwa penggunaan media sosial whatsapp sebagai media komunikasi belum sepenuhnya memberikan komunikasi yang efektif. Pada indikator (Y) Partisipasi dengan nilai 2,72, Keterbukaan dengan nilai 3,11, Percakapan dengan nilai 2,96, Komunitas dengan nilai 3,24, Saling terhubung dengan nilai 3,25 dari nilai yang diperoleh dapat diartikan memiliki kategori tinggi, bahwa persepsi anggota koperasi sudah baik. Hasil hubungan efektifitas media whatsapp sebagai media komunikasi terhadap persepsi anggota koperasi, memiliki hasil yang bertolak belakang, dari kesimpulan variable X dengan hasil kategori rendah sedangkan Variabel Y dengan hasil kategori tinggi. Artinya media whatsapp belum bisa menjadi media komunikasi yang efektif bagi anggota koperasi.
Tidak tersedia versi lain