Text
SKRIPSI: Analisis Strategi Marketing Publik Relations "Karena Kopi'' dalam Membangun Kesabaran Merek di Kota Jambi
Meningkatnya daya saing antar pelaku bisnis kedai kopi sebagai dampak dari tingginya konsumsi kopi di Indonesia menjadi tantangan besar bagi usaha kedai kopi lokal. Pada bisnis kopi yang sedang berkembang pesat di Indonesia, penggunaan strategi humas dalam konteks pemasaran menjadi semakin relevan. Salah satu contohnya adalah bagaimana Marketing Public Relations digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mengarahkan perhatian konsumen pada produk. Penelitian ini berfokus pada strategi Marketing Public Relations yang diterapkan oleh "Karena Kopi" dalam membangun kesadaran mereknya di Kota Jambi dengan tantangan bisnis perpindahan lokasi berulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi Marketing Public Relations yang diterapkan oleh "Karena Kopi dalam membangun kesadaran merek di kalangan masyarakat Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Marketing Public Relations yang dijalankan "Karena Kopi" melalui tiga komponen utama yaitu push, pull, dan pass strategy berhasil membangun kesadaran merek yang kuat di kalangan masyarakat Kota Jambi. Melalui push strategy, "Karena Kopi" memperkenalkan merek mereka secara aktif dan luas melalui word of mouth, kolaborasi influencer, dan ekspansi wilayah. Pull strategy mereka membentuk daya tarik pemanfaatan media sosial, ruang yang estetik dan nyaman, menghadirkan photobox, penyelenggaraan event yang membuat konsumen tertarik secara sukarela. Sementara itu, pass strategy memperkuat citra "Karena Kopi" dengan brand partnership, memberi support pada UMKM Lokal, penanganan keluhan pelanggan cepat tanggap, serta menjadi Sponsorship dalam Acara.
Tidak tersedia versi lain