Text
SKRIPSI: Analisis Strategi Komunikasi Politik Pasangan Calon Wali Kota Bogor Rena Da Frina - Teddy Risandi dalam Kampanye Pemilihan Umum 2024
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi politik yang diterapkan oleh pasangan calon Rena Da Frina dan Ahmad Teddy Risandi dalam kampanye Pilkada Kota Bogor tahun 2024, Pemilihan kepala daerah merupakan salah satu bentuk praktik demokrasi yang menuntut keterbukaan informasi politik dan strategi komunikasi yang tepat agar pesan politik sampai ke masyarakat. Pada konteks ini, strategi komunikasi politik menjadi aspek penting dalam meraih simpati pemilih, terutama di tengah kompetisi politik yang ketat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mengacu pada teori komunikasi politik yang dikemukakan oleh Dan Nimmo. Penelitian inm dilakukan di Kota Bogor, dengan fokus utama pada aktivitas kampanye pasangan Rena-Teddy Penelitian dilaksanakan pada April-Juni 2025. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan analisis konten modia sosial yang terkait dengan kegiatan kampanye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pasangan Rena-Teddy mengintegrasikan pendekatan tradisional dan digital, serta merumuskan pesan kampanye yang responsaf terhadap kebutuhan masyarakat dan mengaktivasi jaringan relawan berdasarkan segmentası sosial Strategi ini mencerminkan aspek komunikasi yang partisipatif dan adaptif Meskipun pasangan ini tidak berhasil memenangkan pemilihan, mereka mampu meningkatkan keterlibatan masyarakat, memperkuat citra politik, dan membangun hubungan emosional dengan pemilih. Dengan demikian, strategi komunikasi politik pasangan Rena-Teddy sesuai dengan teori komunikasi politik Dan Nimmo Tantangan dalam penelitian ini muncul karena masa kampanye telah usai, sehingga peneliti mengalami keterbatasan dalam mengakses beberapa pihak internal yang menjadi bagian dari kegiatan kampanye secara langsung. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi tim kampanye serta peneliti berikutnya dalam memahami strategi komunikasi politik dalam konteks pemilihan kepala daerah
Tidak tersedia versi lain