Text
SKRIPSI: Strategi Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor dalam Menanggapi Keluhan Penerimaan Peserta Didik Baru 2024 melalui Media Sosial
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor dalam menanggapi keluhan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 melalui media sosial, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggali secara mendalam proses komunikasi yang terjadi, penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Bogor yang berlokasi di Jl. Raya Pajajaran No. 125, RT.01/05, Bantarjati, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat. Dari bulan Februari hingga April 2025. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor menerapkan strategi Humas melalui empat tahapan menurut teori Cutlip, Center, dan Broom, yaitu pencarian fakta (Fact Finding), perencanaan dan pemrograman (Planning dan Programming), komunikasi dan pelaksanaan (Communication and Actuating), serta evaluasi (Evaluation). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor menggunakan media sosial instagram sebagai sarana utama dalam menanggapi keluhan terutama kepada masyarakat, strategi ini dinilai cukup efektif dalam merespon keluhan Masyarakat, dari penelitian ini Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor berkonsistensi untuk menunjang pelayanan informasi yang lebih optimal.
Tidak tersedia versi lain