Text
SKRIPSI: Analisis Strategi Komunikasi Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor dalam Menyosialisasikan Program Sekolah Ramah Anak pada Pendidikan Sekolah Dasar
Program Sekolah Ramah Anak merupaka salah satu upaya pemerintah dalam menciptakan lingkungan sekolah sekolah yang aman, nyaman, inklusif, dan bebas dari kekerasan, guna menjamin pemenuhan hak-hak anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor dalam menyosialisasikan Program Sekolah Ramah Anak pada pendidikan sekolah dasar, penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi humas yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Bogor dalam menyosialisasikan program sekolah ramah anak menggunakan beberapa media dan pendekatan, seperti seminar, workshop, bimbingan teknis, dan pelatihan untuk para guru. Dalam prosesnya Dinas Pendidikan dibantu oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A). Kesimpulannya meskipun masih terdapat kendala seperti keterbatasan waktu dan pemahaman yang belum merata di setiap sekolah, strategi komunikasi yang sudah dijalankan oleh Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor secara umum telah berjalan efektif dalam mendukung sosialisasi dan implementasi program Sekolah Ramah Anak di Kota Bogor.
Tidak tersedia versi lain