Text
SKRIPSI: Strategi Komunikasi Pemasaran Digital pada Festival Pesta Bebas Berselancar 2024 melalui Akun Instagram @PestaBebasBerselancar
Perkembangan teknologi komunikasi pemasaran saat ini berkembang pesat di kehidupan sehari hari dan menjadi elemen penting bagi suatu perusahaan atau instansi, salah satunya pada industri kreatif dan festival. Festival Pesta Bebas Berselancar bergulir pertama kali pada 2023 hingga pada saat penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran digital Festival Pesta Bebas Berselancar 2024 melalui akun instagram @pestabebasberselancar. Manfaat penelitian ini, diharapkan menjadi sumber pengetahuan untuk perkembangan Ilmu Komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang mendeskripsikan dan menggambarkan fenomena secara detail, mengedepankan kualitas serta menggunakan deskriptif melalui narasi orisinil sebagai instrumen utama suatu penelitian ilmiah. Sumber data yang diperoleh pada penelitian ini ialah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan informan kunci,dan data sekunder yang diperoleh dari studi literatur sebelumnya. Teknik pengambilan data yang digunakan ialah observasi, studi literatur, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang peneliti gunakan ialah teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital Festival Pesta Bebas Berselancar 2024 melalui akun Instagram @pestabebasberselancar sudah terlaksana dengan enam perencanaan strategi komunikasi pemasaran digital menurut Smith (2016) and Smith dan Taylor (2004) dalam (Chaffey & Smith, 2017) yaitu SOSTAC yang terdiri dari: 1) Situation Analysis (Analisis Situasi), 2) Objectives (Tujuan), 3) Strategy (Strategi), 4) Tactic (Taktik), 5) Action (Tindakan), 6) Control (Kontrol). Perencanaan strategi komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Festival Pesta Bebas Berselancar 2024 memanfaatkan Instagram sebagai platform utama penyebaran informasi dan pemasaran. Perencanaan komunikasi pemasaran digital yang dilakukan tidak hanya memasarkan produk dari festival itu sendiri, tetapi juga membangun kesadaran kepada pengunjung.
Tidak tersedia versi lain