Text
SKRIPSI: Analisis Strategi Kesantunan Berbahasa dalam Film THE SCHOOL FOR GOOD AND EVIL (2022)
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi kesantunan berbahasa yang digunakan dalam film The School for Good and Evil (2022) berdasarkan teori Brown dan Levinson (1987) yang dikutip dalam Cutting dan Fordyce (2020), serta mengaitkannya dengan karakteristik kesantunan menurut Leech (2014) yang dikutip dalam Idawati (2023). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan data dikumpulkan melalui teknik simak bebas cakap terhadap tuturan para tokoh dalam film. Dari hasil analisis terhadap dua puluh tiga data tuturan, ditemukan lima jenis strategi kesantunan yaitu off record, on record baldly, on record-kesantunan positif, on record-kesantunan negatif, dan overlaps. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pemilihan strategi kesantunan sangat dipengaruhi oleh faktor dalam hubungan sosial, posisi kekuasaan, serta konteks sosial dan emosional antar tokoh. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa kesantunan tidak selalu mencerminkan ketulusan hati, melainkan dapat dimanfaatkan secara strategis untuk mempengaruhi lawan bicara. Temuan tersebut memperkuat pandangan bahwa kesantunan berbahasa merupakan strategi pragmatik yang bersifat fleksibel dan sangat bergantung pada konteks serta memiliki peran krusial dalam membentuk dinamika hubungan antar tokoh dalam narasi fiksi.
Tidak tersedia versi lain