Text
Skripsi: Representasi Tokoh Nazi dalam Novel The Boy in The Striped Pyjamas oleh John Boyne
Penelitian ini mengkaji Representasi Nazi melasi tokoh dalam novel The Boy in the Striped Pajamas karya John Boyne. Karya ini menyajikan kisah persahabatan yang unik antara Bruno, anak seorang perwira Nazi, dan Shmuel, seorang bocah Yabud yang menjadi tahanan di kamp konsentrasi Auschwitz. Melalui pendekatan cultural studies penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengungkap representasi serta kompleksitas tokoh-tokoh Nazi dalam novel The Boy in the Striped Pajamas karys John Boyne. Bruno pada awalnya terlihat naif dan tidak menyadari realitas kekejaman di sekitarnya. Analisis ini mengeksplorasi bagaimana meskipun Bruno dibesarkan dalam lingkungan yang dipenuhi dengan propaganda Nazi, is tetap mempertahankan rasa ingin tahu dan sifat kemanusiaannya. Penelitian ini juga menggali dampak pertemuan dan interakas Bruno dengan Shmuel terhadap pandangannya tentang dunia serta bagaimana hal tersebut mengungkapkan berbagai kontradiksi yang ada dalam dirinya. Selain itu, fokus analisis mi adalah pada peran ketidaktahuan dan kepolosan dalam membentuk pengalaman Bruno, serta bagaimana pengaruh lingkungan dan ideologi dapat dibongkar melalui lensa relasi kuasa oleh Michael Foucault. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter Brune mengungkap kompleksitas moral dan etika dalam narasi novel ini. Pendekatan ini memberikan pembaca pemahaman yang lebih dalam mengenai dinamika kekuasaan dan identitas, serta mendorong mereka untuk mempertanyakan asumsi-asums mendasar tentang kebaikan dan kejahatan, kebenaran dan kebohongan, serta keadilan dan ketidakadilan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa The Boy on the Striped Pajamas bukan sekadar kisah tentang persahabatan, tetapi juga sebuah kritik tajam terhadap sistem yang mendukung diskriminası dan kekejaman
Tidak tersedia versi lain