Text
SKRIPSI: Pengaruh Tayangan Live Streaming Youtube DEANKT terhadap Perilaku Konsumtif Subscriber
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Tayangan Live Streaming Youtube DEANKT Terhadap Perilaku Konsumtif Subscriber. Tayangan live streaming menjadi salah satu bentuk konten digital yang diminati masyarakat, khususnya generasi muda, karena memberikan interaksi langsung antara pembuat dan penonton. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan teori kognitif sosial yang menjelaskan bahwa individu dapat belajar melalui observasi terhadap lingkungan, termasuk media digital seperti YouTube. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan anggota server Discord DEANKT. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program IBM SPSS versi 27 dengan teknik analisis deskriptif, skor rataan, uji asumsi klasik, dan regresi linear sederhana. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu Tayangan Live Streaming Youtube sebagai variabel independen dan Perilaku Konsumtif sebagai variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tayangan live streaming Youtube DEANKT terhadap perilaku konsumtif subscriber, dengan nilai R Square sebesar 25,4 persen, yang berarti tayangan tersebut kontribusi sebesar seperempat terhadap perilaku konsumtif responden. Sementara itu, sisanya sebesar 74,6 persen (hasil dari 100-25,4 persen) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain