Text
SKRIPSI: Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Berkunjung ke Objek Wisata Taman Rekreasi Cimelati Cicurug Sukabumi
Alasan pemilihan topik ini didasarkan pada fakta bahwa Taman Rekreasi Cimelati merupakan salah satu kolam renang tertua di indonesia yang memiliki nilai historis dan potensi wisata namun hingga saat ini belum banyak dilakukan kajian ilmiah atau penelitian yang mendalam terkait objek pariwisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pengaruh Word Of Mouth terhadap minat berkunjung wisatawan, mengetahui bagaimana minat berkunjung. wisatawan ke objek wisata Taman Rekreasi Cimelati, dan mengetahui Apakah terdapat pengaruh Word Of Mouth terhadap minat berkunjung ke objek wisata Taman Rekreasi Cimelati Cicurug Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di kota Cicurug Sukabumi Teknik pengambilan data yang digunakan adalah menyebarkan angket atau kuesioner kepada 120 responden. Menggunakan teknik analisis data inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik responden merupakan kebanyakan yaitu perempuan berusia 20-30 tahun yang sudah bekerja dan mayoritas berprofesi sebagai karyawan dengan pendapatan berkisar 4-8 juta rupiah. Hasil darı penelitian ini menunjukan karakteristik konsumen didominasi oleh jenis kelamin perempuan sebanyak 79 responden, rentang usia 20-40 tahun sebanyak 77 responden, profesi karyawan sebanyak 61 responden, pendaatan perbulan didominsi 4-8 juta sebanyak 44 responden, domisili dari kota Sukabumi sebanyak 61 responden Nilai rataan Word Of Mouth dengan seluruh indikator Product Involvement, Ego Involvement, dan Other Involvement sebesar 3,20 dengan kategori tinggi nilai rataan Minat berkunjung dengan indikator Minat transaksional sebesar 3,39 dengan kategori sangat tinggi, indikator Minat referensial sebesar 3,57 dengan kategori sangat tinggi, indikator Minat prefrensial sebesar 3,20 dengan kategori tinggi dan indikator Minat eksploratif sebesar 3,00 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji regresi linear sederhana didapatkan nilai R Square sebesar 0,499 yang mana mengandung arti kontribusi variabel bebas (Word Of Mouth) sebesar 49,9% sedangkan sisanya yaitu 50,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Atau dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model.
Tidak tersedia versi lain