Text
SKRIPSI : Pengaruh Pemberitaan Megathrust dalam Media Daring Kompas.com terhadap Tingkat Kewaspadaan Gen Z di Kota Bogor
Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa jauh pengaruh pemberitaan isu Megathrust dalam media daring Kompas.com terhadap tingkat kewaspadaan Gen Z Kota Bogor. Variabel yang digunakan dalam peneltian ini yaitu terpaan media (X) dan tingkat kewaspadaan (Y). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner kepada Gen Z Kota Bogor dengan jumlah populasi sebanyak 341.436 jiwa dan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental dengan pendekatan rumus lemeshow sehingga menghasilkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Dari penelitian ini dihasilkan fakta bahwa, walaupun durasi membaca gen Z mengenai pemberitaan megathrust singkat (rendah) yakni kurang dari 10 menit, mereka tetap menunjukkan perhatian dan sikap kewaspadaan secara penuh terhadap ancaman megathrust. Rasa kewaspadaan gen Z di Kota Bogor muncul akibat nilai kesadaran (situasiona awareness) mereka yang tinggi yakni 3,35. Pengolahan data dalam penelitian ini juga menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Sehingga ditemukan hasil dari uji t sebesar 6,941 dan uji f sebesar 17,114 dengan nilai signifikansi 0,00 yang artinya HO ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh secara stimulant variabel pemberitaan megathrust dalam media media daring Kompas.com terhadap tingkat kewaspadaan gen Z di Kota Bogor. Besarnya pengaruh yaitu sebesar 0,330 atau 33 persen yang di uji melalui uji koefisien determinasi. Sedangkan 67 persen dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Penggunaan teori uses and effect dalam penelitian ini membuktikan bahwa efek media tidak hanya berasal dari isi pesannya melainkan berapa lama dikonsumsi, jenis isi pesan, dan hubungan emosional yang terbangun antara media dengan individu.
Tidak tersedia versi lain