Text
PKL: Peran customer relation coordinator (CRC) dalam menangani keluhan pelanggan PT. Plaza Auto Prima (plaza toyota citerup) Jl. raya mayor oking no 19 citereup cibinong , bogor 16810
dalam menangani keluhan pelanggan, PT. Plaza Auto prima menggunakan sedikitnya empat aspek penanganan keluhan yang penting menurut Tjiptono (2007:240), yaitu:
a. Empati terhadap pelangggan yang marah, dimana CRC menggunakan step compalin handling dalam menanganinya.
b. kecepatan dalam penanganan keluhan, dimana CRC menanyakan keluhan yag dirasakan oleh pelanggan sebelum masalah dirancang dan terstruktur untuk mengetahui kepuasan pelanggan.
c. kewajaran atau keadilan dalam memecahkan permasalahan atau keluhan, CRC memberikan solusi yang sama menguntungkan untuk pelangganya yaitu dengan melakukan home service serta garansi mesin 1 tahun
d. kemudahan bagi konsumen untuk menghubungi perusahaan yaitu CRC memiliki sarana dimana pelanggan dapat menyampaikan keluh kesahnya dengan mudah, yaitu dengan cara mengkomunikasikan secara langsung kepada marketing yang sebelumnya pernah menawarkan produk toyota atau langsung menuju showroom dan sampaikan komentar, saran, kritik, pertanyaan maupun keluhan kepada sales counter.
PKL.BD40.191.2018 | PKL2018 659.2:191 LAI p | My Library (PKL) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain