INOPSIS: Yasashii Nihon-go ini pada dasarnya adalah materi tingkat dua dari penguasaan tata bahasa Jepang. Jika kalian sudah pernah belajar materi dasar tata bahasa Jepang (N5), maka buku ini akan sangat cocok untuk kalian. Dalam buku ini terdapat penjelasan tentang pola-pola kalimat di level N4, begitu juga dengan kata-kata kerja yang biasanya mulai dipergunakan, kosa kata, bentuk-bentuk ak…
Huruf atau karakter khas dalam bahasa Jepang terdiri dari dua jenis. Pertama, huruf yang digunakan oleh masyarakat secara umum atau disebut huruf kana. Huruf ini terdiri dari hiragana katakana, dan kanji. Kedua, karakter huruf Jepang yang ditulis dalam abjad Latin untuk kebutuhan belajar atau komersial yang disebut dengan huruf romaji atau romanisasi bahasa Jepang. Pembelajaran bahas Jepang …
Selama menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMKN 1 Cibinong, penulis mendapatkan pengalaman yang sangat bermanfaat dan berharga, yaitu menjadi seorang guru. Menjadi guru tidaklah mudah. Menjadi guru bukan hanya soal menyampaikan ilmu, tapi juga bagaimana ilmu tersebut dapat diserap dengan baik oleh peserta didik. Seorang guru merupakan peran yang sangatlah penting dalam dunia pendidikan.
Bahasa Jepang kian hari kian diminati oleh banyak kalangan. Ketertarikan belajar bahasa jepang biasanya dipengaruhi oleh adanya keinginan untuk mempelajari budaya dan tradisinya.
Banyak orang kini berbondong-bondong mempelajari bahasa asing guna menopang kebutuhan mereka dalam bekerja maupun belajar, termasuk bahasa Jepang. Tentu sebagai awalan, hiragana dan katakana harus dikuasai terlebih dahulu. Sayangnya, untuk selanjutnya yaitu huruf kanji, tidak sedikit yang kesulitan dalam memahami dan mengaplikasikannya. Di sinilah hadir penjelasan lugas dan ringkas mengenai …
Nobinobi Yomikaki yang bermakna ajakan agar mahir membaca dan menulis Jepang ini diperuntukkan untuk belajar bahasa Jepang tingkat pemula. Berbeda dengan buku-buku bahasa Jepang pada umumnya, buku ini disusun dengan mempertimbangkan aspek-aspek keterampilan abad ke-21, khususnya 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration) melalui pendekatan kontekstual. Beberapa latihan …
Kesimpulan dari kegiatan PKL yang penulis lakukan adalah sebagai berikut : 1. Penulis menjadi memahami dan memiliki gambaran tentang keadaan dan situasi dalam bekerja, belajar untuk mengasah skill, belajar bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan, dan belajar tentang komunikasi yang baik antara atasan dengan yang lainnya. ...
Pelaksanaan PKL di LPK Shinrai Japan Indonesia sangat bermanfaat bagi saya, di mana: 1. Saya telah mengetahui pengaplikasian tentang metode pengajaran Bahasa Jepang yang telah dipelajari dalam perkuliahan. 2. Saya dapat memahami proses pengelolaan kelas dan interaksi dengan peserta dalam konteks nyata. 3. Saya dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang kurikulum dan materi ajar Bahasa Jepang.…