Kampanye Bogorku Bersih 2024 menekankan peran strategis humas dalam mengarahkan komunikasi persuasif untuk mengubah persepsi dan perilaku masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, sejalan dengan teori J. A. Ilardo yang menekankan pentingnya adaptasi pesan, penggunaan insentif, dan kekuatan komunikasi nonverbal. Melalui verifikasi lapangan, kompetisi kebersihan antar-RT, dan penggunaan media so…
Radar Bogor yang mempunyai peranan penting dalam mensosialisasikan program Bogorku Bersih. Mengacu pada fungsi humas yang dikatakan oleh Edward L. Bernays, pada fungsi pertama Radar Bogor sudah memberikan informasi secara langsung, namun hasilnya informasi tersebut tidak dapat dipahami sepenuhnya oleh pengurus, sehingga masih belum paham sepenuhnya mengenai dampak panjang dari program Bogorku B…
Program Bogorku Bersih, Program Bogorku Bersih bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Bogor tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Program ini berupa kompetisi tahunan yang melombakan lima kategori, yaitu Permukiman Swadaya, Permukiman Teratur, Permukiman Tepi Sungai, Bank Sampah, dan Sekolah. Program ini berkontribusi besar dalam menjaga kebersihan kota dan membantu Bogor…
Kegiatan humas Radar Bogor dalam mensosialisasikan program Bogorku Bersih 2024 telah berjalan dengan sangat baik dan efektif. Tim humas memainkan peran yang sangat krusial dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat di lingkungan eksternal. Melalui kegiatan sosialisasi dan verifikasi, tim humas tidak hanya membantu perusahaan dalam memberikan penerangan informasi kepada warga, humas Radar Bog…
Kegiatan yang dilakukan penulis dalam Program "Bogorku Bersih 2024" sangat sesuai dengan teori Ideological or Cause-Oriented Campaigns, yang menekankan pada kampanye dengan tujuan spesifik untuk mengubah sikap dan perilaku sosial. Selaras dengan prinsip kampanye perubahan sosial, penulis terlibat dalam sosialisasi, survei, dan pengiriman undangan yang berfokus pada peningkatan kesadaran dan par…
Berdasarkan hasil penulisan di atas, dapat disimpulkan bahwa penulis telah melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Radar Bogor selama 8 minggu, dimulai pada tanggal 8 Juli 2024 hingga 30 Agustus 2024. Selama PKL berlangsung penulis melakukan kegiatan sebagai script writer dalam pembuatan naskah Voice Over (VO) pada laman Facebook 'Lapak Info'. Penulis juga diikutsertakan sebagai r…
Dengan adanya perlombaan Bogorku Bersih ini dapat menjadi ajang apresiasi bagi wilayah yang mengikutsertakan dirinya dalam perlombaan ini. Pemenang dari perlombaan ini dibagi menjadi 4 kategori, yaitu Pemukiman teratur, Pemukiman Swadaya, Pemukiman Tepi Sungai, dan Bank Sampah ...
Media Radar Bogor bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk mengkampanyekan lomba yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bogor. Para relawan seperti penulis, dianggap mampu untuk memberikan penilaian kepada suatu lingkungan. Relawan juga harus terjun ke masyarakat untuk mendapatkan hasil informasi yang lebih valid melalui tahap verifikasi
Media Visual khususnya foto jurnalistik dalam surat kabar berfungsi sebagai alat untuk mempertegas pesan yang di sampaikan oleh berita tersebut. Dalam memuat fot jurnalistik terdapat keterangan foto atau caption. Teks keterangan atau yang biasa disebut caption adalah teks yang menyertai foto jurnalistik. Fred S. Parrish dalam bukunya, menjabarkan bahwa teks keterangan membantu mengarahkan perse…