Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Budaya Indonesia dalam sebuah Iklan Televisi Gudang Garam. Makna tentang Budaya Indonesia dapat dilihat dari beberapa scene melalui relasi antar tanda dan makna semiotika Charles Sanders Peirce yang berupa konsep segitiga makna, yaitu sign, object, dan interpretant Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskr…
Ketertarikan pada penelitian ini didasarkan pada adanya kesinambungan bentuk arsitektur tradisional di Tatar Sunda yang memiliki kesamaan dalam segi arsitektural, namun memiliki ciriciri mandiri yang disesuaikan dengan tata aturan dan adat istiadat setempat. Kampung Kasepuhan Sinar Resmi, merupakan salah satu kampung adat di wilayah Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Salah satu karya yang…
Penulis beranggapan bahwa ilmu-ilmu sosial seharusnya memposisikan sebagai pembantu dari aktivitas pembangunan dengan berupaya menerjemahkan gejala-gejala sosial yang tersaji pada masyarakat lalu mengambil sari maknanya untuk dipergunakan sesuai keperluannya. Buku ini nampaknya dimaksudkan untuk memberikan hasil pembelajaran atas sistem sosial masyarakat Indonesia terkait struktur, proses sosia…
MANUSIA DAN BUDAYA merupakan ruang untuk upaya menggali serta mengenali adakah corak berpikir yang khas manusia Indonesia dan tertuang ke dalam butir-butir filosofis yang dapat disebut “Filsafat Indonesia.” Lalu, tentu muncul pertanyaan, “Siapakah manusia Indonesia?” Sulit bagi orang Indonesia untuk mendaku kepribumian alias keaslian darah ke-Indonesia-an. Maka, Semboyan Bhinneka Tungga…
Buku ini menginformasikan secara gamblang hasil kebudayaan masyarakat Indonesia kala itu. Pada masa prasejarah, kebudayaan manusia dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu kebudayaan zaman batu, dan kebudayaan zaman logam. Kebudayaan zaman batu, dibagi menjadi tiga zaman, yaitu zaman Paleolithikum, Mesolithikum, dan Neolithikum (kemudian menghasilkan tradisi kebudayaan Megalithik). Sedangkan keb…