gan pelanggan yang diterapkan oleh Aida Consultant dalam menjaga loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif Penelitian ini dilaksanakan di Aida Consultant yang berlokasi di JL MT Haryono Kav 33. RT 3/RW 2, Cikoko, Pancoran. Jakarta Selatan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi serta pemeriksaan ke…
JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia. Hal ini tentunya memunculkan harapan tinggi pada pelanggan atas kinerja perusahaan. Kualitas pelayanan dan komunikasi interpersonal menjadi salah satu aspek yang sangat krusial dan perlu diperhatikan oleh JNE dalam mempertahankan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan komu…
Telkom Witel Priangan Barat, sebagai bagian dari PT Telkom Indonesia, memanfaatkan Instagram @indibiz.bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh Telkom Witel Priangan Barat dapat meningkatkan ketertarikan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada akun Instagram @indibiz.bogor…
Penelitian ini menganalisis strategi Customer Relationship Management (CRM) yang diterapkan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Priangan Barat Bogor dalam upaya membangun loyalitas pelanggan terhadap layanan IndiBiz. Perubahan fokus bisnis Telkom dari B2C ke B2B serta masih rendahnya pemahaman pelanggan terhadap IndiBiz menjadi latar belakang penelitian ini. Menggunakan pendekatan kualitati…
Apakah Anda sedang menjalankan suatu bisnis? Ataukah Anda merupakan anggota baru dari tim pemasaran atau ingin menjadi bagian dari tim pemasaran di perusahaan tertentu? Jika demikian, Anda perlu memahami bagaimana cara manajemen pemasaran di masa sekarang ini. Walaupun pemasaran terkesan mudah, menerapkan strategi terbaik yang dapat menarik perhatian pelanggan bukanlah hal yang sederhana. Anda…
Hasil penelitian ini menunjukkan hasil wawancara dengan informan secara mendalam ditemukan bahwa terdapat pola komunikasi interpersonal saat barista melakukan pelayanan. Dengan membangun komunikasi yang baik dari sikap barista yang ditunjukan terhadap pelanggan merasa dihargai kehadirannya dan diberikan pelayanan yang membantu sehingga customer merasa puas dengan pelayanan yang diberikan barist…
Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi lima dimensi kualitas pelayanan yang perlu dipertahankan, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Maxim di Kota Bogor, dengan hasil R Square sebesar 30,8 persen. Sedangkan sisanya sebanyak…
Dengan demikian, skripsi ini memberikan kontribusi penting dalam memahami peran media sosial, khususnya Instagram, dalam strategi promosi dan pemasaran. Implikasi praktis dari temuan ini menekankan pentingnya kesinambungan, kreativitas, dan interaksi aktif sebagai kunci sukses dalam memanfaatkan platform ini untuk keperluan promosi.
“Dewasa ini, dunia teknologi bergerak begitu cepat sehingga setiap perubahan mempercepat perubahan berikutnya. Menjadi penting di lingkungan seperti itu untuk memiliki garis dasar dan titik referensi guna membantu pemasar menemukan jalan ke depan. Marketing 4.0 menawarkan pengetahuan baru yang akan menjadi titik awal dan sumber daya yang berharga untuk semua orang yang mencoba menciptakan ser…