Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk-bentuk dan fungsi gaya bahasa hiperbola yang terdapat dalam lirik lagu karya Cigarettes After Sex. Fokus penelitian ini adalah bagaimana bentuk gaya bahasa hiperbola serta fungsinya dalam menunjukkan aspek dramatisasi dan kekuatan emosional dalam lirik lagu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif sebagai …
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam lirik lagu pada album city pop bertajuk "Timely!!" karya Anri. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi dan linguistik sebagai ilmu yang mengkajinya, dengan fokus pada cabang semantik untuk memahami makna dalam karya sastra seperti lirik lagu. Masalah penelitian pada peneliti…
Penelitian ini menganalisis penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam lirik lagu pada album karya Yorushika, Dakara Boku wa Ongaku wo Yameta. Analisis diksi dan gaya bahasa dibatasi sebanyak tiga lagu dalam album ini, yakni lagu Ai Nijou, Hachigatsu, Bou, Tsukiakari, dan Utagaki to Coffee. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja jenis diksi dan gaya bahasa yang terdapat dalam l…
Harapan adalah emosi yang fundamental untuk kehidupan manusia, yang bisa memberikan motivasi untuk maju, memberikan tujuan hidup, dan serta kemampuan untuk menghadapi kesulitan dan kepastian yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kalimat harapan yang dimiliki tokoh utama pada ketiga lagu tersebut, yaitu Good Morning. Hollowness, dan Main Actor dengan menggunakan teori hara…
Penelitian ini menggunakan teori ambiguitas leksikal Teori yang digunakan ambiguitas leksikal (Pateda: 2010), teori semantik yang merupakan bidang studi dalam linguistik yang mempelajari makna-makna yang terdapat dalam satuan-satuan bahasa (Abdul Chaer, 1990), dan teori kategori leksikal yang meliputi noun, adjective, dan verb (Leech:2006). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lagu Adele…
Kedua, push strategy yang dilakukan oleh Idgitaf dalam memasarkan Lagu Takut adalah dengan membuat video atau konten secara masif dan variatif. Ketiga, pass strategy yang dilakukan oleh Idgital adalah tetap konsisten untuk terus melakukan promosi setelah produknya laku di pasaran. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga eksistensi lagu "Takut" Tik Tok juga menjadi media promosi yang efektif. Seba…
mengunakan metode adalah deskriptif kualitatif dengan mengunkan analisis isi. Sumber data penelitian adalah data primer yang diperoleh dari lirik lagu merah dan hijau dan data sekunder dari buku, jurnal, referensi dan wawancara juga menjadi sumber data sekunder. Analisis data mengunakan pendekatan content analyisi model Atherton dan Klemmack. Hasil penelitian ini dapat diketahui lagu merah dan …
Lagu menggambarkan berbagai curahan hati antara lain bisa berupa percintaan, persahabatan, perjuangan, termasuk keputusasaan. Keputusasaan menggambarkan individu yang tidak melihat adanya peluang atau kemungkinan untuk memperbaiki hidupnya dan bersikeras mengatakan bahwa tidak ada orang lain yang dapat membantunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis gejala dan bentuk keputusas…
Penelitian ini berjudul "Makna Konotatif dalam Lirik Lagu pada Album Ariana Grande". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi makna konotatif dalam lirik lagu pada beberapa album Ariana Grande, mengklasifikasikan jenis-jenis konotasi, dan menjelaskan makna konotatifnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dalam mengumpulkan data, penulis berfokus pada kata, frasa, dan …
Penelitian yang berjudul "Analisis gaya bahasa metafora dan makna asosiatif pada lagu Arctic Monkeys dalam album AM" ini bertujuan untuk mengulas dan menjelaskan tentang penggunaan Metafora dan Makna Asosiatif pada lirik lagu dari album AM. Menggunakan metode deskriptif atau penelitian kualitatif, penelitian menghasilkan temuan berupa 22 data penggunaan Metafora menurut teori Leech yang terdiri…