Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang telah dilaksanakan oleh praktikan di LPK Talenta Muda Indonesia memberikan banyak pengalaman berharga dalam dunia kerja, khususnya di bidang pendidikan dan pelatihan Bahasa Jepang. Selama delapan minggu, praktikan terlibat dalam berbagai kegiatan seperti pengajaran bahasa Jepang, pendampingan peserta ujian kerja ke Jepang, pembuatan konten edukatif, hingga keg…
Kesimpulan dari Praktik Kerja Lapangan yang penulis laksanakan adalah sebagai berikut : Sebagai seorang guru tidaklah mudah. Peran guru sangatlah penting dalam Pendidikan. Seorang guru tidak hanya memberikan ilmu kepada siswa tetapi juga sebagai orang tua siswa di sekolah yang harus bisa membimbing dan memberikan contoh yang baik kepada siswa. ...
Praktik Kerja Lapangan yang penulis laksanakan di SMK Darmawan selama kurang lebih 4 bulan ini telah memberikan pengalaman kepada penulis sebagai guru Bahasa Jepang dan memahami pentingnya tugas seorang guru dalam proses kegiatan pembelajaran. Selain berperan sebagai seorang guru, penulis juga berperan sebagai fasilitator bagi siswa. Disamping mengajar, penulis juga melakukan kegiatan menjaga p…
Tugas dan peran seorang guru tidaklah mudah. Seorang guru harus bisa membimbing dan menjadi fasilitator yang baik dan tanggap untuk peserta didik, sehingga terjadi proses pembelajaran yang baik. Seorang guru juga harus memiliki pribadi yang kreatif, menciptakan bahan ajar yang seru, unik, serta efektif sehingga peserta didik merasa lebih semangat dalam menerima materi pelajaran.
Mengajar bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Seorang guru harus mempunyai tingkat kesabaran sangat amat tinggi untuk menyalurkan ilmunya kepada para siswa. Penulis merasa salut pada guru-guru di luar sana yang mengajar lebih dari satu tingkatkan kelas atau bahkan lebih dari satu sekolah atau instansi pendidikan lain. “Guru adalah cerminan siswa” merupakan sebuah kalimat yang mempunyai art…
Kegiatan dalam Kampus Mengajar Angkatan 4 yang dilaksanakan di SMP PGRI 5 Bogor merupakan implementasi dari bidang keilmuan dan kreatifitas kami dari mata kuliah yang diampu di dalam kampus. Menjadikan dampak langsung bagi kami mahasiswa juga sekolah, memberikan pengalaman besar sebagai modal dalam mengahadapi tantangan di masa depan. Kegiatan lapangan yang mempertemukan langsung antara kami ma…
Teori yang digunakan adalah teori faktor penghambat komunikasi interpersonal dari Suranto dalam Syarif (2016), untuk uji validitas data menggunakan metode triangulasi dalam pengukuran tingkat keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TK Alamanda sudah melakukan komunikasi interpersonalnya dengan baik kepada siswa ABK. Terdapat sembilan faktor penghambat komunikasi in…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terbangun antara guru bimbingan konseling dengan siswa melalui kegiatan bimbingan konseling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi lapangan dan dokumentasi, serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Keberhasilan pendidikan seseorang dipengaruhi oleh fak…