Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden di Kota Depok yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner secara online melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan antara frekuensi tayangan iklan politik PDIP di televisi (X2) dengan keputusa keputusan pemilih (…
Awal 2024 akan menjadi tahun Pesta Politik bagi Indonesia. Pemilihan Presiden yang dilakukan serentak dengan Pemilihan Calon Legislatif, akan menjadi topik hangat dalam beberapa waktu ke depan. Ditandai dengan pendaftaran tiga Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, lalu berlanjut pada tahapan masa kampanye, menandakan bahwa suasana pergantian pemimpin telah semakin terasa. Terdapat empat w…
Buku Komunikasi Politik edisi revisi 2023 ini menampilkan semua fenomena tersebut, termasuk data dan fakta dalam pemilihan anggota legislatif, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI 2014, dan Pilkada serentak 2015, semuanya diangkat dan dibahas dalam buku ini. Tujuannya selain untuk mengisi kelangkaan buku teks di perguruan tinggi sebagai materi pembelajaran untuk mahasiswa program S1 dan S2 …
Penelitina ini bertujuan untuk mengetahi makna yang tersurat maupun tersirat dalam cover majalah Tempo "malu-malu menunda pemilu" edisi 7-13 Maret 2022. Riset ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, menggunakan metode analsis semiotika, semiotika merupakan cara untuk menganalisi makna terhadap tanda-tanda. Sikap kritis diperlukan dalam membaca siasat-siasat politik dalam pemberitaan tidak…
... Buku Komunikasi Politik edisi revisi 2016 ini menampilkan semua fenomena tersebut, termasuk data dan fakta dalam pemilihan anggota legislatif, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI 2014, dan Pilkada serentak 2015, semuanya diangkat dan dibahas dalam buku ini.
Di tengah upaya untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya politik bagi masyarakat, ada hambatan dan tantangan. Sebagian masyarakat menganggap politik itu sebagai sesuatu yang kotor dan jahat karena sering mengedepankan berbagai cara untuk memperoleh kekuasaan, bahkan dengan cara kekerasan. Dampak dari munculnya pandangan ini bahkan telah mendorong adanya asumsi bahwa politik itu tidak baik …
Persepsi followers memiliki 4 indikator terdiri dari stimulus, registrasi, interpretasi, dan umpan balik. data hasil variabel persepsi followers hampir seluruh indikator dinilai tinggi dan kategori sedsang untuk umpan balik. Hasil hipotesis dalam penelitian ini menyatakan terdapat pengaruh antar pesan persuasif pada Instagram Radar Bogor terhadap persepsi followers hasil penlitian ini menunjuki…