Bagaimana caranya agar orang mengenal Anda? Bagaimana caranya menjual diri Anda sehingga karya atau nilai-nilai yang Anda bawa bisa sampai ke orang-orang atau pengikut Anda? Bagaimana cara melakukan personal branding di dunia sosial media seperti Linkedin dan YouTube? Mengapa banyak orang sampai-sampai membeli kelas pelatihan personal branding? Apakah artis-artis atau para miliarder yang terken…
Kadang-kadang kita membeli barang atau jasa yang sebenarnya tak dibutuhkan. Karena trik jualan atau diskon khusus, orang bisa membeli lebih banyak. Konsumen terdorong membeli merek tertentu, ingin memiliki barang bercitra eksklusif. Politisi atau motivator bisa mempengaruhi ribuan orang. Kita mendapati ada orang yang mudah berubah pilihannya, namun sebagian lagi sangat teguh pendirian sehingga …
Dalam era transformasi digital yang semakin pesat, inovasi teknologi telah membuka peluang besar bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup . Buku ini mengupas bagaimana komunikasi digital menjadi fondasi utama dalam menciptakan berbagai inovasi yang memberdayakan masyarakat, baik dalam pendidikan, ekonomi, hingga pelayanan publik. Melalui analisis mendalam, buku ini menggambarkan bag…
Penelitian ini menggunakakan metode penelitian kuantitatif deskriptif yang dihubungkan dengan teori tindakan beralasan dengan jumlah respoden sebanyak 66 peserta program penempatan Universitas Hasanuddin. Skor rataan yang didapat pada variabel X sebesar 2,95 yang dikategorikan tinggi serta variabel Y mendapatkan skor 3,13. Kesimpulannya varibel X memiliki pengaruh positif terhadap variabel Y, d…
Kemajuan teknologi, dengan hadirnya artificial intellegence (AI), telah banyak membantu kehidupan manusia modern saat ini sekaligus mengancam banyak profesi yang akan kehilangan pekerjaan di tahun-tahun mendatang. Namun, kemahiran berkomunikasi/public speaking sampai kapan pun tetap diperlukan sepanjang masa. Masifnya media sosial secara tidak langsung telah menaikkan standar dan ekspektasi …
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Dinas Sosial Kota Bogor telah mengadopsi berbagai strategi komunikasi humas untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang PMKS, menghilangkan stigma, dan meningkatkan dukungan masyarakat. Strategi tersebut mencakup penggunaan media sosial, kerjasama dengan media lokal, kampanye kesadaran masyarakat, dan pelibatan aktif dalam komunitas. Selain penelitia…
Buku ini merupakan pengantar dalam memahami komunikasi risiko. Isi buku menguraikan konsep-konsep dasar, teori, hingga strategi dan penerapan manajemen komunikasi risiko. Bagian awal buku ini menjelaskan pemahaman mengenai risiko, definisi risiko, perbedaan risiko dengan konsep lain sebagai bahaya, kerentanan, dan kapasitas. Bagian selanjutnya membahas mengenai konsep dasar komunikasi risiko (d…
Praktik Kerja Lapang (PKL) memberikan mahasiswa wawasan mendalam tentang bagaimana peran dokumentaris di lembaga seperti BBPMKP (Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian) dan bagaimana peran ini diaplikasikan di ranah profesional. Mahasiswa memahami pentingnya dokumentasi dalam kegiatan publikasi, termasuk bagaimana proses pengambilan dan pengelolaan data dilakukan untuk mem…