Selama PKL di PT Telkom Indonesia, penulis mengamati bahwa komunikasi persuasive mempunyai peran penting dalam proses interaksi antara Account Manager (AM) dan customer. AM menggunakan pendekatan yang sopan, terstruktur, dan relevan untuk membangun kepercayaan dan menawarkan solusi. Respons positif yang di hasilkan dari customer menunjukkan bahwa strategi ini efektif. Penerapan komunikasi pers…
Aktivitas humas PT. Telkom Indonesia Witel Priangan Barat dalam Pembentukan Citra Perusahaan melalui portal.telkom.co.id, telah sesuai dengan teori Scoot M. Cutlip dan Allen H. Center (dalam Ardiansyah, Amran, 2017). Terdapat 10 aspek, diantaranya, (1) Menulis dan Mengedit: Menulis berita harian untuk membangun citra positif melalui ODON (One Day One News), Membantu mengelola reputasi perusaha…
Implementasi strategi pemasaran di divisi Marketing Strategy PT. Telkomsat Jakarta yang mengacu pada pendekatan STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) telah berjalan secara sistematis dan terstruktur. Proses segmentasi dilakukan dengan mengidentifikasi segmen-segmen pasar yang relevan, seperti sektor perbankan, maritim, dan telekomunikasi, yang memiliki kebutuhan khusus akan layanan jaringan…
Implementasi komunikasi organisasi yang terjadi pada unit Witel Operational Center di PT. Telkom Akses witel Bogor masih kurang baik. Beberapa contoh implementasi komunikasi organisasi yang sudah baik, yaitu komunikasi yang terjadi memperlihatkan adanya kepercayaan antar karyawan yang melakukan percakapan baik masalah pekerjaan atau personal, pembuatan keputusan diambil dari pendapat masin…
Misi utama PT. Telkom dalam memberikan layanan adalah dengan memberikan jaminan bahwa pelanggan mendapat pelayanan terbaik berupa kemudahan, produk dan jaringan yang berkualitas dengan harga yang kompetitif. Untuk mencapai hal tersebut, PT. Telkom melakukan konsep pemasaran ...
Pengelolaan data penjualan IndiHome yang dilakukan oleh divisi Sales and Customer Care PT. Telkom Kandatel Cibadak berjalan sudah dengan efektif dan efisien. Karena perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang baik akan memberikan hasil yang baik. Sales and Customer Care telah melakukan semua proses tersebut dan menerapkannya dalam pekerjaannya. PT. Telkom Kandatel Cibad…
Penerapan CRM di divisi personal service dilakukan dengan cara menciptakan komunikasi yang terus menerus antara divisi personal service dengan customer, menggunakan data customer untuk bertanya apa yang mereka inginkan, dan mengunakan kembalai pengetahuan yang ada dari waktu kewaktu. Permasalahan dan solusi dalam penerapan CRM di divisi personal service antara lain kurang cepatnya pihak manajem…