Terdapat hambatan dalam penanganan keluhan yaitu pasien seringkali ingin menuntut pihak rumah sakit dengan menyebutkan kerabat yeng memiliki jabatan penting yang bisa mempermudah proses tuntutan, Rumah Sakit Medika Dramaga memiliki cara atau strategi untuk menangani keluhan pasien dan juga evaluasi untuk rumah sakit dapat memperbaiki ruang tunggu dan memperbanyak SDM pada instalasi farmasi rawa…
Hasil penelitian diketahui bahwa humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong berperan dalam melakukan transformasi pelayanan yang pada awalnya hanya bisa dilakukan secara offline, kini sudah bisa dilakukan secara online. Humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong tidak berperan hanya sebagai jembatan penghubung pihak internal dan eksternal saja. Lebih dari itu humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong turu…
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak bebas cakap dan catat. Hasil penelitian mengungkap bahwa bentuk struktural tindak tutur dokter, yaitu bentuk deklaratif, bentuk interogatif dan bentuk imperatif. Berbagai fungsi komunikasi umum digunakan. oleh dokter demi perawatan pasien. Berhubungan dengan tindak tutur, tujuan komunikasi antara dokter dan pasien terkait dengan …
Proses komunikasi dalam monitoring pasien TBC oleh kader adalah bahwa komunikasi yang efektif sangat penting dalam memastikan pasien menjalani pengobatan dengan baik dan teratur. Kader berperan sebagai penghubung utama yang memberikan informasi tentang penyakit, memberikan motivasi, serta dukungan emosional. Pendekatan personal dan penggunaan bahasa yang sederhana, disertai komunikasi persuasi…
Kegiatan Investigasi Kontak (IK) sangat penting untuk dilakukan oleh kader kepada keluarga dan orang sekitar pasien Tuberkulosis (YBC), karena kegiatan tersebut dapat memabntu kader dalam memutus rantai penularan penyakit Tuberkulosis (TBC). Selain itu, melalui Investigasi Kontak (IK), kader dapat lebih memahami dan memantau kondisi pasien serta kepatuhannya dalam mengonsumsi obat secara langsu…
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi layanan pelanggan pada alur antrean pasien elektif di Rumah Sakit Umum daerah Kota Bogor. Kedua untuk mengetahui apa penyebab pasien elektif bedah kanker menunggu begitu lama untuk antrean operasi di Rumah Sakit Derah Kota Bogor
... Upaya pemulihan pasien di Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jakarta diterapkan komunikasi antarpribadi ini antara perawat dengan pasien skizofrenia yang tentunya membentuk sebuah pola hubungan antar individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola komunikasi antarpribadi para perawat dengan pasien skizofrenia dalam upaya pemulihan di Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan Jak…
Buku ini ditujiukan bagi para tenaga medis seperti dokter, perawat, dokter gigi namun juga pihak yang berkepentingan untuk memajukan kesehatn di Indonesia seperti psikolog, apoteker, bidan, pekerja sosial, manajer rumah sakit. Selain untuk praktisi kesehatan, buku ini akan bermafaat bagi dosen yang menagsuh dan mahasiswa yang mempelajari matakuliah berikut: komunikasi kesehatan, komunikasi tera…
Citra pelayanan RSUD Kota Sukabumi diloihat dari item kualitas pelayanan cukup baik terlihat dari faktor penentu seperti bukti fisik, kehanda;lan, jaminan/kepastian daya tangkap empati masuk pada level kategori tinggi, ini mennujukan bahwa kualitas pelayana rawat inap sudah cukup baik sesuai standar Rumah Sakit Umum Daerah.