Selama menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMKN 1 Cibinong, penulis mendapatkan pengalaman yang sangat bermanfaat dan berharga, yaitu menjadi seorang guru. Menjadi guru tidaklah mudah. Menjadi guru bukan hanya soal menyampaikan ilmu, tapi juga bagaimana ilmu tersebut dapat diserap dengan baik oleh peserta didik. Seorang guru merupakan peran yang sangatlah penting dalam dunia pendidikan.
Kesimpulan dari kegiatan Praktik Kerja Lapangan yang penulis lakukan sebagai berikut: 1. Penulis berhasil memperkenalkan bahasa dan kebudayaan Jepang kepada siswa MTsS At-Taqwa melalui berbagai kegiatan edukatif. 2. Siswa menunjukkan minat yang tinggi dalam mempelajari bahasa dan budaya Jepang setelah di perkenalkannya. ...
Penulis melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di SMAN 1 Parungkuda selama kurang lebih 1 bulan. Kegiatan PKL di SMAN 1 Parungkuda sangat memberikan pengalaman belajar bagi penulis dengan diberikan kesempatan langsung untuk mengajar. Dengan hal itu, penulis dapat mengetahui bagaimana peran guru dalam pembelajaran Bahasa Jepang. Kegiatan PKL berlangsung dengan lancar sesuai tujuan, walaupun terdap…
Kegiatan Taman Literasi Kelas dan dibantu oleh metode pembelajaran kontekstual, menumbuhkan semangat baru dalam kegiatan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SD Negeri Tipar. Sehingga siswa dapat berperan lebih aktif di dalam kelas maupun di masyarakat. Dalam metode pembelajaran kontekstual di SD Negeri Tipar, meliputi empat kegiatan, yaitu: analisis puisi, seminar pendidikan (Menjadi Gu…
Sosiolinguistik merupakan disiplin ilmu yang menggabungkan dua disiplin ilmu sosiologi dan linguistic, ilmu ini bersifat terapan dimana digunakan untuk memecah dan mengatasi masalah-masalah yang ada dalam kehidupan praktis masyarakat, bukan pada linguistic murni, karena dalam sosiolinguistik lebih pada kajian eksternal antar disiplin ilmu, (p. 2). Sosiolingusitik merupakan ilmu antardisipilin a…
Linguistik yang menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya mendekati bahasa bukan sebagai suatu yang lain, melainkan bahasa dipandang sebagai bahasa. Oleh karena itu, linguistik lazim mengartikan bahasa sebagai sebuah sistem lambang bunyi yang bersifat arbitrer. Sebagai sebuah sistem lambang, maka bahasa itu sama dengan lambang lain, yang bersifat arbitrer, dalam kehidupan manusia; tetapi sekali…
Linguistik yang menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya mendekati bahasa bukan sebagai suatu yang lain, melainkan bahasa dipandang sebagai bahasa. Oleh karena itu, linguistik lazim mengartikan bahasa sebagai sebuah sistem lambang bunyi yang bersifat arbitrer. Sebagai sebuah sistem lambang, maka bahasa itu sama dengan lambang lain, yang bersifat arbitrer, dalam kehidupan manusia; tetapi sekali…
Dalam buku ini, membahas : Pengertian Dasar; Sejarah Perkembangan Psikolinguistik; Psikologi dan Linguistik; Bahasa dan Berbahasa; Hubungan Berbahasa, berpikir, dan berbudaya; Teori-teori Linguistik; Teori Belajar dalam Psikologi; Aspek Neurologi Bahasa; Gangguan Berbahasa; Pemerolehan Bahasa: Beberapa Hipotesisi; teori Pemerolehan Sintaksis; Teori Pemerolehan Semantik; Teori Pemerolehan Fonolo…