Proses pelayanan publik membutuhkan inovasi dan adaptasi yang cepat sebagai tanggapan terhadap perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat. di Indonesia, inovasi dalam pemanfaatan teknologi informasi sudah mulai diterapkan di berbagai sektor. Salah satunya adalah penerapan pelayanan identitas kependudukan yang merupakan data yang dibutuhkan untuk pembangunan berkelanjutan. Identitas Kepe…
Dalam kegiatan pelayanan pembuatan surat keterangan pindah datang WNI di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor menerapkan fungsi-fungsi manajeme komunikasi diantaranya : • Perencanaan dilakukan dengan menyusun aturan serta persyaratan dalam pembuatan surat keterangan pindah datang WNI serta prosedur yang harus dilakukan oleh petugas loket pelayanan. Dan aturan yang harus dil…
. Komunikasi organisasi dalam Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) pada Divisi PPDK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor dapat dikaitkan dengan AliranKomunikasi Organisasi yaitu: Komunikasi Vertikal Kebawah: Komunikasi vertikal kebawah yaitu kepala seksi PPDK memberikan arahan dan perintah kepada penulis terkait proses pembuatan KIA. Sehingga penulis bisa memahami tugas ya…
Peran Bagian Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat dilakukan untuk membantu masyarakat menyelesaikan permasalahan administrasi data kependudukan dan pencatatan sipil. ...
Setelah penulis melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor selama 2 Bulan terhitung sejak 15 Desember 2020 – 19 Februari 2021 banyak sekali memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berharga bagi walaupun tidak sesuai dengan konsentrasi penulis, namun disisi lain penulis melakukan pengamatan mengenai Pelaksanaan Manajemen Komunikasi Dina…
Berdasarkan hasil dari pengamatan penulis saat pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor berlangsung maka dapat disimpulkan pada: 1. Manajemen Komunikasi menjadi salah satu bagian penting dalam Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor sebagai penyalur antara masyarakat pembuatan akta kelahiran de…
Pada akhir dari Laporan Praktik Kerja Lapangan ini, penulis mencoba menarik kesimpulan dari pengalaman yang telah didapat selama empat puluh hari kerja melakukan Praktik Kerja Lapangan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor. Penulis dapat mengemukakan kesimpulan dan saran dengan harapan dapat bermanfaat bagi lembaga/organisasi tersebut yaitu: 1. Pola Komunikasi dalam Pelayan…