Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi apa yang Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Bogor Dalam Melestarikan Kesenian Wayang Bambu Dalam Penelitian ini memaparkan bahwa Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Bogor membuat sebuah program bersama Padepokan Wayang Bambu (Ki Drajat Iskandar) untuk melestarikan kesenian wayang bambu di kota Bogor. Pada penelitian ini motede yang digunak…
Fungsi hubungan masyarakat yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor dalam mempublikasikan program hak kekayaan intelektual (HKI) ekonomi kreatif mencerminkan upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai HKI. Melalui sosialisasi dan workshop yang rutin diadakan, Dinas memberikan edukasi langsung kepada pelaku usaha ekonomi kreatif t…
Melaksanakan PKL di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, khususnya di bidang kebudayaan sebagai seorang humas, tentunya tidaklah mudah. Salah satu hambatan yang dihadapi terjadi saat mendampingi kegiatan Culture Go To School melalui Program P5 dengan tema kearifan lokal di SMPN 14 Kota Bogor. Hambatan ini sejalan dengan teori Rosady Ruslan tentang peran humas sebagai communicator, di man…
Humas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor bertanggung jawab atas kelancaran workshop HKI, memastikan bahwa pelaku usaha memahami pentingnya pendaftaran HKI. Mereka juga memainkan peran penting dalam memastikan komunikasi yang efektif selama workshop, serta mengordinasikan kemajuan peserta dalam proses pendaftaran HKI. Humas juga memanfaatkan berbagai media untuk memperluas jangkauan pro…
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor memainkan peran penting dalam pengembangan sektor pariwisata, pelestarian budaya, dan pengembangan ekonomi kreatif di Kota Bogor. Melalui berbagai program dan kegiatan yang dilakukan oleh Bidang Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor berhasil mendukung perkembangan para pelaku ekonomi kreatif di kota Bogor. Salah satunya dengan mel…
Program Culture Go to School yang dilaksanakan oleh Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor merupakan upaya strategis dalam memperkuat karakter dan pemahaman budaya lokal di kalangan siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Program ini mendukung visi Indonesia Emas 2045 dengan memperkenalkan kekayaan budaya Nusantara sebagai bagian dari pembelajaran di …
Sosialisasi memiliki 2 proses yang pertama yaitu kontak sosial dimana dinas pariwisata dan kebudayaan menyelenggarakan sosialisasi secara tatap muka dengan masyarakat kampung batik cibuluh bertujuan untuk membantu mengembangkan kampung batik Cibuluh, menyadarkan masyarakat akan potensi wisata, meningkatkan pendapatan dan mengurangi jumlah penggangguran hal ini harus memiliki tujuan yang sama ag…
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor memiliki peran penting dalam mempromosikan Kampung Perca sebagai destinasi wisata aktivitas yang dilakukan dalam mempromosikan kampung perca adalah dengan mengajak konten kreator, mengadakan event, promosi melalui instagram dan bekerjasama dengan travel agen dapat lebih kenal luas oleh masyarakat luar dengan adanya promosi dan kerjasama dari berb…
Pemanfaatan media sosial sebagai alat untuk berkomunikasi dan penyebaran informasi melalui meda sosial instagram merupakan hal yang lumrah digunakan. Memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk berkomunikasi. Meskipun masing-masing media sosial memiliki keunggulan dan kelemahan, namun media Instagram merupakan media yang paling populer dalam menjalankan fungsinya. Hal tersebut dapat terli…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi humas yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor dalam mensosialisasikan permainan tradisional melalui festival Kaulinan Urang Lembur.