erdasarkan analisis yang penulis peroleh selama kegiatan Praktik Kerja Lapangan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor (Jl. Achmad Adnawijaya No.45, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor), maka dapat ditarik kesimpulan yaitu, Dalam era digital yang semakin berkembang pesat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah mengambil langkah yang strategis untuk meningkatkan efisi…
Dari sisi Context, sudah dikelola dengan baik di mana banyak masyarakat yang paham dan merasa terbantu akan suatu informasi yang disampaikan oleh layanan konsultasi online Sampurasun. Dalam hal Communication, walaupun penyajian informasi yang disampaikan sudah sesuai dan cukup baik, masyarakat cukup puas dengan penyampaian informasi yang diberikan oleh layanan online Sampurasun. Akan tetapi mem…
Pedoman Umum Tata Kelola Kehumasan sudah berjalan dengan baik. Terdapat enam aspek peran Humas Pemerintah diantaranya, (1) Komunikator, komunikasi dua arah lakukan secara langsung (tatap muka) dengan masyarakat dalam melakukan pelayanan, serta program jemput bola dengan mengujungi instansi/lembaga/perusahaan. komunikasi secara tidak langsung dilakukan melalui whatsapp Disdukcapil Kota Bogor (Sa…
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pengguna layanan E-menanduk, menganalisis kualitas layanan E-menanduk, menganalisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik di DInas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor, menganalisis hubungan antara karakteristik pengguna layanan E-menanduk dengan kepuasan masyarakt terhadap pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan P…
Sub Bagian Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan selaku yang berperan sebagai humas DISDUKCAPIL mempunyai tugas dan fungsi untuk menangani keluhan masyarakat melalui media sosial. Media sosial telah menjadi salah satu media yang paling tepat untuk penyebaran informasi yang dilakukan oleh humas DISDUKCAPIL. Peran ini dilakukan oleh Sub Bagian Kerja Sama dan Inovasi Pelayanan selaku admin untuk bebera…