Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada program X Factor Indonesia 2023. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Selain itu, pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa tim kreatif berhasil mempertahankan eksistensi pada program X Factor Ind…
Implementasi konsep Diffusion of Innovations (DOI) dalam membangun brand image UKM Kabupaten Bogor melalui konten sosial media oleh Dinas Koperasi menunjukkan bahwa pendekatan kreatif dan terencana sangat penting dalam era digital ini. Tim kreatif memainkan peran utama dalam menciptakan konten yang berkualitas dengan menggunakan aplikasi CapCut dan Canva untuk menghasilkan visual yang menarik d…
Sesuai dengan teori (Mabruri, 2010 dalam Fitriyani, 2018) Asisten produksi adalah seorang yang sangat sibuk karena banyak tugas yang dilakukan mulai dari mempersiapkan, mencari, mencatat, mengumpulkan, mengkordinasi seluruh fasilitas produksi dan juga terlibat dalam proses kreatif hingga pasca produksi
Tim kreatif di PT Blau Bersih Indonesia berperan krusial dalam pemasaran digital melalui platform media sosial Instagram dan TikTok. Dengan menciptakan konten yang beragam, menarik, dan relate dengan audiens, berbagi konten secara konsisten, serta menciptakan hubungan dan membangun community dengan audiens, tim kreatif berhasil memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan layanan Blau Smart Cl…
Berdasarkan pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Trans TV, khususnya dalam program "Bikin Laper," penulis mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai penerapan teori komunikasi massa dan kreativitas dalam dunia nyata. Teori komunikasi massa yang menekankan pentingnya pemahaman audiens dan pemilihan media yang tepat, serta teori kreativitas yang mendorong inovasi dalam produksi kont…
Tim Kreatif memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan suatu program. Terutama pada saat pra-produksi sampai produksi. Pada program Super Deal Indonesia, Tim Kreatif berperan sebagai konten creator dan memiliki tugas untuk menyampaikan isi dari program tayangan. Seperti halnya pengerjaan Naskah dan Storyline Sketsa yang dilakukan di segment tiga program, ketika proses shooting …
Proses kerja Divisi Kreatif pada program “Masak Apa Ceu” seperti membuat naskah, menyiapkan ide menu yang akan dimasak, mencari foodpedia dan food fact, mencari ide kitchen secret atau rahasia dapur, danmencari ide kalimat yang pas untuk promosi program
Kesimpulan yang dapat penulis ambil dari Peran Tim Kreatif Kategori Musik Indonesia’s Got Talent 2023 dalam tahapan pra produksi hingga pasca produksi adalah membantu mencari bahan dan materi referensi, membantu mengembangkan ide dan konsep, memastikan tata busana (wardrobe), dan tata rias (make up) tersedia, sesuai dan disetujui oleh executive producer, juga melakukan shooting ENG, dan …
Dalam program Today Eating di Digdaya TV tim kreatif dapat bertanggungjawab untuk membuat naskah dan survei tempat kebeberapa kota karenakan dalam suatu produksi program seorang tim kreatif harus dapat bertanggungjawab atas apa yang dibuat olehnya agar seorang tim kreatif mempunyai rasa bertanggungjawab terhadap suatu pekerjaan sehingga dapat membiasakan diri untuk beradaptasi dalam lingkunga…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis tim kreatif program sudah kenal semakin dekat dalam episode ade suarsa di megaswara TV