Phenomenology sebagai metode penelitian sosial yang selama ini digunakan untuk mengeksplorasi kehidupan community, mengeksplorasi pengalaman orang di kehidupan sosial mereka, dalam kehidupan first life mereka, di basic social mereka, tak mampu lagi menjawab tantangan kehidupan manusia di cybercommunity sebagai second life manusia. Keterbatasan ontologi dan epistemologi menyebabkan phenomenology…
Netnography adalah prosedur penelitian yang saat ini sedang digemari oleh banyak kalangan, banyak bidang ilmu dan banyak kepentingan. Karena netnography adalah prosedur penelitian pada cybercommunity yaitu ruang media sosial dan semacamnya, yang saat ini sedang menjadi perhatian banyak kalangan, dan hampir belum ada metode yang mencoba memasuki area ini kecuali netnography dan nantinya cyberphe…
Buku Sosiologi Komunikasi, Karya Burhan Bungin ini sebagai kajian yang baru memperoleh perhatian 10 tahun terakhir ini, tema-tema pembahasan dalam buku sosiologi komunikasi ini antara lain tentang filsafat, konsep, dan ruang lingkup sosiologi komunikasi; proses komunikasi dalam masyarakat; masyarakat cyber; masalah-masalah sosial dan media massa; dan masa depan sosiologi komunikasi.
Buku ini adalah salah satu teks penting yang membahas sosiologi komunikasi secara teoretis dan historis. Penulis memaparkan perkembangan disiplin ini sejak awal kemunculannya sampai perkembangannya yang terkini-termasuk perkembangan pola komunikasi di media sosial dan konsekuensi-konsekuensinya dalam masyarakat dan komunikasinya. Buku ini juga menjelaskan langkah-langkahdan metode dalam mempela…
Sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian, aspek penelitian kuantitatif menyajikan secara komprehensif pembahasan dan sistematika yang menghubungkan antara teori dan praktis.. Buku ini disusun sebagai usaha menyajikan aspek penelitian kuantitatif sekaligus nalai pentingnya sebagai salah satu aliran utama dalam metodologi penelitian. Tema - tema inti dalam buku ini, antara lain…
Brand destinasi negara merupakan suatu masalah yang masih sangat baru, baik pada kajian pariwisata, pemasaran, komunikasi maupun kebijakan publik di suatu negara. Di berbagai negara, sektor pariwisata (tourism) ini telah menjadi fenomena sosial dan ekonomi yang menarik. Kajian brand destinasi dan marketing communication mix ini, yang dilakukan di Indonesia dan Malaysia telah melahirkan suau kaj…
Sering menjadi kendala bagi para pemula peneliti atau bagi peneliti sekalipun dalam menentukan rencana penelitian; tema, judul, dan rumusan masalah; menetapkan waktu, tempat, dan anggaran penelitian; melakukan tahap - tahapan penelitian, baik itu mencari data melalui studi pustaka maupun ke lapangan; serta menyusun sistematika hasil penelitian. Salah satu kendala utamanya adalah tidak ditemu…
Buku ini menyajikan gagasan konseptual yang lebih besar untuk memahami situasi, realita, usaha-usaha organisasi, desain sosial, tindakan dan perilaku, diri, etika, dan lain-lain.