Text
SKRIPSI: Hubungan antara Komunikasi Guru-Murid terhadap Minat Bertani Siswa di Desa Ciasmara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pelajar, intensitas komunikasi antara guru dan murid tentang pertanian, hubungan antara karakteristik individu siswa SLTA dengan minat bertani siswa, hubungan antara intensitas komunikasi guru-siswa dengan minat bertani siswa SLTA di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar sosial yang dikaitkan dengan penelitian ini untuk mencari hubungan antara pola komunikasi guru-murid terhadap minat bertani sisa di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Teknik mengambilan data yang digunakan adalah observasi, angket/kusioner, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan confinient sampling dengan menggunakan rumus Taro Yamane dengan jumlah sampel 150 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis non-parametrik (Rank Spearman dan Chi Square). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan antara karakteristik individu dengan minat bertani siswa, dimana hanya indikator jenis kelamin yang memiliki hubungan yang signifikan dengan pengetahuan dan indikator kelas yang memiliki hubungan yang signifikansinya terlihat dengan perhatian juga indikator kelas memiliki hubungan yang signifikan dengan indikator motivasi. Tidak terdapat hubungan antara intesitas komunikasi dengan minat bertani siswa melainkan hanya indikator durasi memiliki hubungan yang signifikan dengan perhatian, lalu indikator perhatian memiliki hubungan yang signifikan dengan indikator minat, perhatian dan pengetahuan juga indikator keluasan pesan memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi dan pengetahuan.
B40 Ikom 2037 2024 | 2037 MUH h 2024 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain