Program Sekolah Ramah Anak merupaka salah satu upaya pemerintah dalam menciptakan lingkungan sekolah sekolah yang aman, nyaman, inklusif, dan bebas dari kekerasan, guna menjamin pemenuhan hak-hak anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor dalam menyosialisasikan Program Sekolah Ramah Anak pada pendidikan …
Melalui penerapan kelima dimensi pelayanan publik (Berwujud, Reliabilitas, Ketanggapan, Jaminan, dan Empati), penulis berhasil mendeskripsikan peran humas Dinas Pendidikan Kota Bogor dalam memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat. Aktivitas humas dalam pengelolaan media sosial, khususnya Instagram, mencerminkan kemampuan dalam menyampaikan informasi yang akurat, responsif, dan terper…
Pengelolaan media digital yang dilakukan oleh Disdik Kota Bogor dapat dikatakan sudah berjalan dengan efektif. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil komparasi teori mengenai pengelolaan media digital menurut Paramitha (2011) dengan praktik yang dilakukan oleh penulis saat melaksanakan praktik kerja lapangan. Disdik Kota Bogor berperan aktif dalam mengelola dan menyebarkan informasi-informasi m…
fungsi humas dalam mengelola media sosial Instagram untuk publikasi di Dinas Pendidikan Kota Bogor memainkan peran yang sangat strategis. Humas bertanggung jawab untuk menganalisis opini publik yang muncul dari interaksi di Instagram. Dengan memahami bagaimana masyarakat merespons berbagai kegiatan pendidikan, humas dapat memberikan umpan balik yang berharga kepada pihak terkait. Ini tidak hany…
Humas berfungsi penting sebagai penghubung antara Dinas Pendidikan Kota Bogor dan publik, dengan memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan informasi mengenai Program Indonesia Pintar (PIP) Penggunaan media sosial, terutama Instagram, efektif dalam mengkomunikasikan informasi secara ringkas dan mudah dipahami. Akun Instagram @disdikbogorkota berfungsi untuk menjangkau publik umum dengan fr…
Dinas Pendidikan Kota Bogor memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram, sebagai alat komunikasi yang efektif dalam menyampaikan informasi terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) kepada publik. Melalui interaksi di kolom komentar, humas dinas pendidikan dapat secara langsung menanggapi pertanyaan, keluhan, dan saran dari masyarakat, yang merupakan bagian dari strategi Cyber Public Relat…
Bagian Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam menjaga komunikasi yang transparan dan responsif terkait pengaduan masyarakat, khususnya terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Seiring banyaknya keluhan dan pertanyaan yang muncul selama proses pendaftaran, bagian humas berperan penting dalam meredakan kegelisahan masyarakat dengan memantau dan menanggap…
Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor memanfaatkan media sosial Instagram untuk mempublikasikan informasi PPDB. Kegiatan PPDB yang diikuti seluruh sekolah yang berada di Kota Bogor mulai dari jenjang SD hingga SMP memerlukan informasi yang tersebar secara menyeluruh dan dapat diakses semua masyarakat. Pada hal ini Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor berperan penting dalam mempublikasikan informasinya…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis strategi Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor melalui program sekolah ramah anak. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana analisis strategi Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor dalam implementasi program sekolah ramah anak pada pendidikan anak usia dini, apa saja faktor pendukung dan penghambat Humas Dinas Pendidikan Kota Bogor im…
Proses liputan jurnalistik pada Program Satgas Perubahan Perilaku Penanganan Covid-19 di Dinas Pendidikan Kota Bogor meliputi beberapa tahap. Kegiatan jurnalistik yang penulis lakukan seperti proses peliputan disetiap kegiatan volunteer dimana pertama ketika turun ke lokasi sosialisasi dan edukasi lalu menemukan sasaran target untuk disosialisasikan penulis harus meliput baik memvideokan a…