gan pelanggan yang diterapkan oleh Aida Consultant dalam menjaga loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif Penelitian ini dilaksanakan di Aida Consultant yang berlokasi di JL MT Haryono Kav 33. RT 3/RW 2, Cikoko, Pancoran. Jakarta Selatan. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi serta pemeriksaan ke…
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriftif dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam via online dengan aplikasi smartphone yaitu WhatsApp yang ditujukan kepada kepala pimpinan Akulaku, karyawan Akulaku, dan pelanggan yang telah melakukan pinjaman online di Akulaku kota Bogor di masa covid-19. Lalu teknik analisis data dalam peneliti…
Kualitas pelayanan yang dihasilkan lewat proses komunikasi yang baik menunjukkan hasil yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hubungan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan juga tidak terlepas dari proses komunikasi yang menghasilkan kreativitas pelayanan yang ditawarkan oleh Perumda Tirta Kahuripan untuk mewujudkan suatu pelayanan yang berkualitas yang mampu menciptakan …
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh manajemen hubungan pelanggan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen hubungan pelanggan yang dilakukan warung can ngopi dan mengetahui secara jelas bagaimana tingkat kepuasan pelanggan dengan manajemen hubungan pelanggan warung can ngopi. Penelitian ini menipiskan penelitian deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam observasi, dan dokumentass. Untuk tek…
laporan ini membahas kegiatan PKL yang dilakukan penulis pada Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya. Topik yang dibahas adalam peran manajemen hubungan pelanggan dalam menjaga kepuasan dan loyalitas member Kebun Raya Bogor. Manajemen hubungan pelanggan dilakukan oleh bagian Humas Kebun Raya Bogor.