Berdasarkan hasil pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Unit Hukum, Humas, dan Keluhan Pelanggan RSUI, dapat disimpulkan bahwa kegiatan media monitoring merupakan bagian penting dalam mendukung strategi komunikasi, pengelolaan citra, serta deteksi dini terhadap isu yang dapat memengaruhi reputasi institusi. Kegiatan ini dilaksanakan secara profesional oleh tim Humas, dengan cakupan k…
Buku Komunikasi Strategis menjawab dilema perbedaan antara strategi komunikasi dan komunikasi strategis. Dengan pengalaman puluhan tahun sebagai pengajar dan praktisi komunikasi, penulis menguraikan dengan terperinci mengenai perbedaan esensial antara kedua konsep ini serta mengklarifikasi kesalahpahaman umum di kalangan praktisi. Buku ini menawarkan kajian komprehensif tentang konsep komunikas…
Divisi Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjalankan perannya sesuai dengan sebagaimana mestinya, melaksanakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) seperti Urban Farming & Giat Bersih Lingkungan dari mulai memilih tempat yang untuk dilakukan nya penanaman, memilih tanaman yang akan ditanam, bekerjasama dengan stakeholder yang sudah sesuai dengan tujuan dari keg…
Humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor memainkan peran yang sangat penting dalam monitoring dan evaluasi Syariah Hotel Sentul melalui empat peran utama: sebagai penasehat ahli, fasilitator komunikasi, bagian dari tim manajemen dalam penyelesaian masalah kehumasan, dan teknisi komunikasi. Sebagai penasehat ahli, Humas berperan strategis dalam memastikan pelaksanaan kebijakan yan…
Proses komunikasi dalam monitoring pasien TBC oleh kader adalah bahwa komunikasi yang efektif sangat penting dalam memastikan pasien menjalani pengobatan dengan baik dan teratur. Kader berperan sebagai penghubung utama yang memberikan informasi tentang penyakit, memberikan motivasi, serta dukungan emosional. Pendekatan personal dan penggunaan bahasa yang sederhana, disertai komunikasi persuasi…
Media Monitoring di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor berperan sangat penting dalam manajemen komunikasi dan pengelolaan citra publik pemerintah kota. Berdasarkan konsep yang diuraikan oleh Wilcox, Cameron, & Reber (2015), fungsi media monitoring Diskominfo mencakup lima aspek, diantaranya: Deteksi Isu yaitu Diskominfo aktif memantau berbagai sumber berita di media mass…
Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor memainkan peran yang sangat penting dalam menjalankan media monitoring pemberitaan yang berkaitan dengan Pemerintah Kota Bogor. Peran ini merupakan manifestasi dari fungsi Humas yang bertujuan untuk menjembatani komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, sekaligus membentuk citra positif peme…
Kegiatan Media Monitoring sangat penting untuk dilakukan setiap hari agar humas Bagian Prokompim bisa mengawasi pemberitaan yang terkait dengan Pemerintah Kota Bogor. Humas Bagian Prokompim selalu melaksanakan kegiatan media monitoring, yang meliputi tahap media tracking, media clipping, dan media content analysis. Kegiatan ini juga bisa menjadi evaluasi dan pertimbangan bagi Pemerintah Kota Bo…
Media monitoring merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan oleh Pemerintah Kota Bogor, kegiatan media monitoring pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bogor meliputi Media Tracking, Media Clipping, dan Media Content Analysis. Hasil dari monitoring ini digunakan untuk mempertahankan citra positif Kota Bogor di mata publik serta untuk mengevaluasi dan memperbaiki kinerja pemerin…
Aktivitas media monitoring WWF-Indonesia yang dilakukan penulis di divisi communication & Education melaksanakan aktivitas media monitoring dengan menganalisa setiap pemberitaan mengenai isu lingkungan, dan aktivitas yang dilakukan penulis juga meliputi beberapa rangkaian, yaitu: monitoring berita, pengelolaan isu publik dan menghitung nilai berita (news values)