Buku berjudul Bahasa Persuasif dalam Public Relations (PR) ini disajikan dalam 10 bab. Bab 1 mengungkapkan PR secara umum dan kaitannya dengan bidang studi lain, yakni retorika dan diplomasi. Pada bab 2 disajikan. pembahasan mengenai prinsipprinsip persuasi dan persamaan serta perbedaannya dengan argumentasi, teknik-teknik persuasi sebagai bagian penting dalam PR juga dipaparkan di sini. Kerang…
Analisis Wacana Kritis (AWK) merupakan cara pandang terhadap bahasa dengan tujuan mengurai dan mengungkapkan apa yang tersamar dan tersembunyi di balik konstruksi bahasa. Upaya menyingkap tujuan terselubung produser teks ditelaah secara kritis, sistematis, dan komprehensif di tataran kata, frasa, klausa, kalimat, teks, dan wacana. Mengapa wacana perlu di 'dekonstruksi' secara kritis? Karena …
Pengajaran bahasa utamanya analisis wacana memberikan porsi yang cukup besar pada peran konteks, baik konteks situasi maupun konteks budaya. Dari konteks itulah bisa dipahami mengapa teks produser mengonstruksi teks dan wacananya dengan cara tertentu, mengapa pada teks dibuat dengan cara khusus untuk pembaca khusus pula.